Searching...

Popular Posts

Senin, 23 Februari 2015

Profil Negara Arab Saudi

Profil Negara Arab Saudi (3)
Nama Negara
Kerajaan arab saudi (Kingdom Of Saudi Arabia/Al-Mamlakah Al-Arabiyah As-Saudiah)

Bentuk Pemerintahan
Kerajaan yang berdasarkan hukum Islam. Raja berperan sebagai pemimpin Politik, Agama(Imam), Eksekutif, dan Pembuat undang-undang. Negara ini tidak mempunyai undang-undang Dasar, karena hukumnya memakai hukum Islam.

Bentuk Negara        
Monarki (kerajaan)

Sistem Pemerintahan
Negara Islam berdasarkan Al-Quran dan syariat

Bahasa Persatuan
Arab

Lambang Negara
clip_image001
Pohon kurma diapit oleh dua bilah pedang yang terletak bersilangan. Kurma melambangkan pertumbuhan dan kemakmuran, sedangkan pedang melambangkan keadilan dan kekuatan sebagai dasar kepercayaan.

Semboyan Negara
Laillahaillallah muhammadarasulullah

Lagu Kebangsaan
Al-Salam Al-malikiy (salam kerajaan)

Bendera
clip_image003
Berwarna hijau dengan tulisan Arab berwarna putih yang berarti: “Tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Utusan Allah” yang terletak di atas sebilah pedang dengan ujung menghadap tiang. (Bendera tidak boleh dikibarkan setengah tiang) Hijau mewakili kesuburan tanah, seperti dalam bendera Oman di mana ia melambangkan الجبل الأخضر  (Pegunungan Hijau) di utara-timur negara itu. Hal ini juga menyampaikan arti lain seperti padang rumput di bendera Kuwait.
Warna ini telah diadopsi oleh dinasti Fatimiyah  الفاطميون. Fatimiyah mendirikan dinasti mereka di Afrika Utara dan memerintah dunia Islam dari abad ke-10 awal (abad ketiga Hijriah) sampai akhir abad ke-12 (abad kelima Hijriah). Salah satu prestasi mereka membentuk rute perdagangan baru dengan Tengah dan Asia Timur melalui Laut Merah bukan Teluk Persia yang masih di bawah kendali Abbasiyah.
Warna adalah doa bagi mereka, agar tanah kelahiran mereka tidak menjadi tandus seperti gurun pasir di sekitar mereka. Mereka mengingingkan kehidupan yang makmur  penuh berkah dengan berlimpahnya hasil bumi dan pertanian mereka.

Letak Astronomis
15º LU-32º LU dan 34º BT-57º BT.

Letak Geografis
Jazirah dalam bahasa Arab berarti ‘pulau’, jadi Jazirah Arab berarti Pulau Arab. Oleh bangsa Arab, tanah air mereka disebut jazirah, walaupun hanya dari tiga dari tiga jurusan saja dibatasi oleh laut. Sebagian ahli sejarah menamai tanah Arab itu Shibhul Jazirah yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘Semenanjung’. Kalau diperhatikan kelihatan bahwa Jazirah Arab itu berbentuk empat persegi panjang, yang sisi-sisinya tiada sejajar.
Semenanjung Arab merupakan semenanjung Barat Daya Asia, sebuah semenanjung terbesar dalam peta dunia. Wilayahnya, dengan luas 1.745.900 km2, dengan luas daratan sekitar 1.014.900 km2. Di antara sejumlah daratan gurun di kawasan ini, terdapat tiga jenis gurun, yaitu:
Nufud Besar, sebuah bentangan dataran berpasir putih atau kemerahan  yang menyelimuti wilayah yang sangat luas di semenanjung Arab Utara.
Al Dahna (tanah merah), dataran yang berpasir merah ini membentuk pola busur besar mengarah ke sebelah Tenggara, dengan panjang lebih dari 1.020 km2.
Al Harrah, sebuah daratan yang terbentuk dari lava bergelombang dan retak-retak di atas permukaan pasir berbatu. Bentangan daratan vulkanik ini banyak dijumpai di wilayah semenanjung sebelah Barat dan Tengah, dan menjorok ke Utara.
Jazirah Arab berbentuk memanjang. Batas-batas jazirah Arab yaitu: di sebelah Utara dengan Palestina dan padang Syam; di sebelah Timur dengan Hira, Dijla (Tigris), Furat (Euphrates) dan Teluk Persia; di sebelah Selatan dengan Samudera Hindia dan Teluk Aden; sedang di sebelah Barat dengan Laut Merah. Jadi, dari sebelah Barat dan Selatan daerah ini dilingkungi lautan, dari Utara padang Sahara dan dari Timur padang Sahara dan Teluk Persia. Akan tetapi bukan rintangan itu saja yang telah melindunginya dari serangan dan penyerbuan penjajahan dan penyebaran agama, melainkan juga karena jaraknya yang berjauh-jauhan. Panjang semenanjung itu melebihi 1.000 km, demikian juga luasnya sampai 1.000 km pula. Dan lebih-lebih lagi yang melindunginya ialah tandusnya daerah ini yang luar biasa hingga semua penjajah merasa enggan melihatnya.
Pada daerah yang seluas itu sebuah sungai pun tak ada. Musim hujan yang akan dapat dijadikan pegangan dalam mengatur sesuatu usaha juga tidak menentu. Kecuali daerah Yaman yang terletak di sebelah Selatan yang sangat subur tanahnya dan cukup banyak hujan turun, wilayah Arab lainnya terdiri dari gunung-gunung, dataran tinggi, lembah-lembah tandus serta alam yang gersang. Tak mudah orang akan dapat tinggal menetap atau akan memperoleh kemajuan. Sama sekali hidup di daerah itu tidak menarik selain hidup mengembara terus-menerus dengan mempergunakan unta sebagai kapalnya di tengah-tengah lautan padang pasir itu, sambil mencari padang hijau untuk makanan ternaknya, beristirahat sebentar sambil menunggu ternak itu menghabiskan makanannya, sesudah itu berangkat lagi mencari padang hijau baru di tempat lain. Tempat-tempat beternak yang dicari oleh orang-orang Baduwi jazirah biasanya di sekitar mata air yang menyumber dari bekas air hujan, air hujan yang turun dari celah-celah batu di daerah itu. Dari situlah tumbuhnya padang hijau yang terserak di sana-sini dalam wahah-wahah yang berada di sekitar mata air

Mata Uang
Saudi Riyal (SR) (sejak 1986 nilai tukar dipatok US$1= SR3,75; SR 1 = US$0,266 = ± Rp 2.600,-). Uang kertas dgn nominal: SR 1, 5, 10, 50, 100, dan 500, sedangkan uang logam dgn nominal: 5, 10, 25, 50, dan 100 Halalah (100 Halalah = 1 Riyal).

Jumlah Penduduk
25 juta jiwa (estimasi Sabb tahun 2007) 22,67 juta jiwa (sensus 2004) dengan jumlah penduduk non-Saudi sebanyak 6,14 juta (27,1%) [77% tinggal di perkotaan dan 23% di pedesaan] [penduduk terkonsentrasi di tiga propinsi: Makkah 25,6%; Riyadh 24,1%; dan Wilayah Timur 14,8%]. [Sensus 1974 ± 7 juta; 1992 sebanyak 16,9 juta]
Luas Wilayah
2.240.350 km2 (4/5 Semenanjung Arab) [17 kali luas pulau Jawa yang seluas 132.107 km2].

Tanggal kemerdekaan
23 September (memperingati bersatunya Kerajaan Arab Saudi tahun 1932 oleh Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al-Saud sebagai raja pertama).

Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan
Raja merangkap Perdana Menteri dan Panglima Tinggi Angkatan Bersenjata Arab Saudi
Profil Negara Arab Saudi (2)Profil Negara Arab Saudi (4)Profil Negara Arab Saudi (5)Profil Negara Arab Saudi
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 comments: